Nama : Septi Arnita
NPM : 16110450
Kelas : 4KA24
Antarmuka
Antarmuka atau interface adalah
sebuah titik wilayah atau permukaan di mana
dua zat atau benda berbeda bertemu. Antarmuka juga digunakan secara
metafora untuk perbatasan antara benda. Dalam bidang teknik, kata antarmuka
sering disingkat menjadi “i/f”. Bentuk kerja dari interface berarti
menghubungkan dua atau lebih benda pada suatu titik atau batasan yang terbagi,
atau untuk menyiapkan kedua benda untuk tujuan tersebut.
Pengertian telematika dalam
berbagai bidang :
§ Dalam elektronik dan teknik komputer, sebuah
antarmuka dapat berarti:
- Batasan fisik dari dua subsistem atau alat.
- Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistem
yang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari subsistem lainnya, seperti :
antarmuka jaringan, antarmuka video, kartu network.
- Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan
karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan
karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal, seperti : antarmuka USB,
antarmuka SCSI.
§
Dalam telekomunikasi, sebuah titik interkoneksi
antara pengguna peralatan terminal dan fasilitas komunikasi komersial.
§ Dalam teknik software, antarmuka adalah sebuah
spesifikasi dari properti sebuah komponen software yang komponen lainnya dapat
bergantung kepadanya.
§
Dalam kimia, antarmuka adalah permukaan antara
dua fase yang berbeda dalam campuran "heterogeneous".
§ Dalam geologi, antarmuka mungkin juga sebuah
permukaan atau lapisan "anomalous" antara dua "epoch"
geologikal yang berbeda atau jenis batuan.
Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line
Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
1.
Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana
pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna
menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara
mengetikkan baris-baris tertentu.
Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap
sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX
memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft
Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt.
Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux
mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah
commandshell.
2.
Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang
digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui
gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing
device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa
diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Contoh GUI |
Pengguna komputer yang awam seringkali menilai sebuah sistem
operasi dari GUI-nya. Sebuah sistem operasi dianggap bagus jika tampilan
luarnya (GUI-nya) bagus. Padahal, seperti telah dijelaskan sebelumnya, komponen
sistem operasi tidak hanya GUI, sehingga penilaian terhadap sebuah sistem
operasi tidak bisa hanya dari satu komponen saja. Karena GUI adalah kesan
pertama pengguna dengan sistem operasi itu, setiap pengembang sistem operasi
berlomba-lomba mengembangkan GUI-nya dengan keunggulannya masing-masing.
Sejarah mencatat bahwa Xerox PARC (Palo Alto Research Center)
yang pertama kali meriset tentang GUI. Pada tahun 1984, Apple merilis Macintosh
yang menggunakan GUI hasil riset Xerox PARC. Beberapa tahun kemudian, Microsoft
merilis sistem operasi Windows-nya yang juga menggunakan GUI. Apple mengklaim
bahwa Microsoft mencuri ide dari Apple.
Seperti halnya CLI, tiap-tiap sistem operasi juga memiliki
nama tersendiri untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS X, GUI-nya
disebutAqua. Microsoft memberi nama GUI Windows XP sebagai Lunar dan GUI
Windows Vista sebagai Aero. Pada Linux, ada dua pengembang utama desktop
environment pada Linux, yang masing-masing menghasilkan produk KDE (K Desktop
Environment) dan GNOME. KDE digunakan pada beberapa distro seperti SuSE dan
Mandrake, sedangkan GNOME dipakai pada beberapa distro seperti Fedora Core dan
Ubuntu.
Antarmuka pengguna
Antarmuka pengguna atau user interface merupakan bentuk
tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka
pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi,
sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
Contoh antarmuka pengguna :
Dalam bidang desain industri (interaksi manusia-mesin). Tujuan
dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna adalah
pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin yang
membantu operator dalam membuat keputusan operasional. Contoh-contoh dari
konsep luas antarmuka pengguna ini termasuk aspek-aspek interaktif dari sistem
operasi komputer, alat-alat, kontrol operator mesin berat, dan kontrol proses.
Sebuah antarmuka pengguna adalah sistem di mana pengguna
berinteraksi dengan mesin. Antarmuka pengguna mencakup perangkat keras dan
perangkat lunak. Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai sistem, dan
menyediakan cara untuk:
§
Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi
sebuah sistem
§
Output, memungkinkan sistem untuk menunjukan
efek dari manipulasi pengguna
Secara umum, tujuan dari teknik interaksi manusia-mesin
adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka pengguna yang membuatnya mudah,
efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan sebuah mesin dengan cara yang
menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa operator harus
menyediakan input minimal untuk mencapai output yang diharapkan, dan juga bahwa
mesin harus meminimalkan output yang tidak diinginkan.