Nama : Septi Arnita
NPM : 16110450
Kelas : 4KA24
Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi
setidaknya terbagi dalam 4 kelompok sesuai bidang pekerjaannya.
1) Kelompok Pertama, adalah mereka yang
bergelut di dunia perangkat lunak (software)
baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi.
Pada lingkungan kelompok ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti misalnya :
a)
System Analyst
Orang yang
bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa
sistem yang ada, tentang kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan
dan desain sistem yang akan dikembangkan.
b)
Programmer
Orang yang
bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analis yaitu membuat program
(baik aplikasi maupun sistem operasi) sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya.
c)
Web Designer
Orang yang
melakukan kegiatan perecanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain
terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
d)
Web Programmer
Orang yang
bertugas mengimplementasikan rancangan web designer yaitu membuat program
berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.
2) Kelompok kedua, adalah mereka yang
bergelut di perangkat keras (hardware). Pada lingkungan kelompok ini terdapat
pekerjaan-pekerjaan seperti :
a)
Technical Engineer (atau teknisi)
Orang yang
berkecimpung dalam bidang teknik baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan
perangkat sistem komputer.
b)
Networking Engineer
Orang yang
berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada
troubleshooting-nya.
3) Kelompok ketiga, adalah mereka yang
berkecimpung dalam operasional sistem informasi. Pada lingkungan kelompok ini
terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti:
a)
EDP Operator
Orang yang
bertugas untuk mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam
lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.
b)
System Administrator
Orang yang
bertugas melakukan administrasi terhadap sistem, melakukan pemeliharaan sistem,
memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang
berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem.
c)
MIS Director
Orang yang
memiliki wewenang paling tinggi terhadap sebuah sistem informasi, melakukan
manajemen terhadap sistem tersebut secara keseluruhan baik hardware, software maupun sumber daya manusianya.
4) Kelompok keempat, adalah mereka yang
berkecimpung di pengembangan bisnis Teknologi Informasi. Pada bagian ini,
pekerjaan diidentifikasikan oleh pengelompokan kerja di berbagai sektor di
industri Teknologi Informasi.
Tugas-tugas
berbagai profesi di bidang IT :
1) IT
Programmer
a)
Mengmbil bagian dalam pengembangan dan integrasi
perangkat lunak.
b)
Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam
pengembangan perangkat lunak.
c)
Menerima permintaan user untuk masalah-masalah
yang harus diselesaikan.
d)
Menyediaakan dukungan dan penyelesaian masalah
konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal.
e)
Bertanggung jawab atas kepuasan terkini
pelanggan.
f)
Melakukan tugas-tugas yang berkaitan dan
tanggung jawab yang diminta, seperti dalam sertifikat dan menuruti rencana
dasar perusahaan untuk membangun kecakapan dalam portfolio pruduk.
g)
Mengerjakan macam-macam tugas terkait seperti
yang diberikan.
h)
Membentuk kekompakan maksimum dalam perusahaan
bersama dengan rekan-rekan dalam perusahaan.
2) System
Analyst
a)
Mengumpulkan informasi untuk penganalisaan dan
evaluasi sistem yang sudah ada maupun untuk rancangan suatu sistem.
b)
Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade sistem pengoperasian.
c)
Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade perangkat keras, perangkat
lunak, serta sistem pengoperasiannya.
d)
Melakukan analisis dan evaluasi terhadap
prosedur bisnis yang ada maupun yang sedang diajukan atau terhadap kendala yang
ada untuk memenuhi keperluan data
processing.
e)
Mempersiapkan flow chart dan diagram yang menggambarkan kemampuan dan proses dari
sistem yang digunakan.
f)
Melakukan riset dan rekomendasi untuk pembelian,
penggunaan, dan pembangunan hardware
dan software.
g)
Memperbaiki berbagai masalah seputar hardware, software, dan konektivitas,
termasuk di dalamnya akses pengguna dan konfigurasi komponen.
h)
Memilih prosedur yang tepat dan mencari support ketika terjadi kesalahan, dan
panduan yang ada tidak mencukupi, atau timbul permasalahan besar yang tidak
terduga.
i)
Mencatat dan memelihara laporan tentang
perlengkapan perangkat keras dan lunak, lisensi situs dan/ atau server, serta akses dan security pengguna.
j)
Mencari alternatif untuk mengoptimalkan
penggunaan komputer.
k)
Mampu bekerja sebagai bagian dari team, misalnya
dalam hal jaringan, guna menjamin konektivitas dan keserasian proses di antara
sistem yang ada.
l)
Mencatat dan menyimpan dokumentasi atas sistem.
m)
Melakukan riset yang bersifat teknis atas system upgrade untuk menentukan feasibility, biaya dan waktu, serta
kesesuaian dengan sistem yang ada.
n)
Menjaga confidentiality
atas informasi yang diproses dan disimpan dalam jaringan
o)
Mendokumentasikan kekurangan serta solusi
terhadap sistem yang adasebagai catatan untuk masa yang akan datang.
3) IT
Project Managers
a)
Mengembangkan dan mengelola work breakdown structure (WBS) proyek teknologi informasi.
b)
Mengembangkan atau memperbarui rencana proyek
untuk proyek-proyek teknologi informasi termasuk informasi seperti tujuan
proyek, teknologi, sistem, spesifikasi informasi, jadwal, dana, dan staf.
c)
Mengelola pelaksanaan proyek untuk memastikan
kepatuhan terhadap anggaran, jadwal, dan ruang lingkup.
d)
Menyiapkan laporan status proyek dengan
mengumpulkan, menganalisis, dan meringkas informasi dan tren.
e)
Menetapkan tugas, tanggung jawab, dan rentang
kewenangan kepada personil proyek.
f)
Mengkoordinasikan rekrutmen atau pemilihan
personil proyek.
g)
Mengembangkan dan mengelola anggaran tahunan
untuk proyek-proyek teknologi informasi.
h)
Mengembangkan rencana pelaksanaan yang mencakup
analisis seperti biaya-manfaat atau laba atas investasi.
i)
Secara langsung atau mengkoordinasikan kegiatan
personil proyek.
j)
Menetapkan dan melaksanakan rencana komunikasi
proyek.
4) IT
Support Officer
a)
Menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan
permintaan bantuan IT
b)
Membeli hardware
IT, software dan hal-hal lain yang
berhubungan dengan hal tersebut.
c)
Instalasi, perawatan dan penyediaan dukungan
harian baik untuk hardware & software
Windows & Macintosh, peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll
d)
Korespondensi dengan penyedia jasa eksternal
termasuk Internet Service Provider,
penyedia jasa Email, hardware, dan software supplier, dll.
e)
Mengatur penawaran harga barang dan tanda terima
dengan supplier untuk kebutuhan yang
berhubungan dengan IT.
f)
Menyediakan data / informasi yang dibutuhkan
untuk pembuatan laporan department regular
5) Network
Administrator
a)
Maintenance
dan perawatan jaringan LAN.
b)
Archive
data.
c)
Maintenance
dan perawatan komputer.
6)
Network Engineer
a)
Maintenance
LAN dan Koneksi Internet
b)
Maintenance
hardware
c)
Maintenance
database dan file
d)
Help Desk
e)
Invintory
7) Network
and Computer Systems Administrators
a)
Menjaga dan mengelola jaringan komputer dan
lingkungan komputasi terkait termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak
sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua konfigurasi.
b)
Melakukan backup
data dan operasi pemulihan kerusakan.
c)
Mendiagnosa, memecahkan masalah, dan
menyelesaikan perangkat keras, perangkat lunak, atau jaringan lainnya dan masalah
sistem, dan mengganti komponen yang rusak bila diperlukan.
d)
Merencanakan, mengkoordinasikan, dan
melaksanakan langkah-langkah keamanan jaringan untuk melindungi data, perangkat
lunak, dan perangkat keras.
e)
Mengkonfigurasikan, memonitor, dan memelihara
aplikasi email atau virus software
perlindungan.
f)
Mengoperasikan master konsol untuk memonitor kinerja sistem komputer dan jaringan,
dan untuk mengkoordinasikan komputer akses jaringan dan penggunaan.
g)
Memuat rekaman komputer dan disk, dan menginstal perangkat lunak dan kertas printer atau form.
h)
Desain, mengkonfigurasi, dan perangkat keras uji
komputer, jaringan lunak dan perangkat lunak sistem operasi.
i)
Memonitor kinerja jaringan untuk menentukan
apakah penyesuaian perlu dibuat, dan untuk menentukan di mana perubahan harus
dibuat di masa depan.
j)
Berunding dengan pengguna jaringan tentang
bagaimana untuk memecahkan masalah sistem yang ada.
8) Network
Systems and Data Communications Analysts
a)
Menguji dan mengevaluasi hardware dan software
untuk menentukan efisiensi, reliabilitas, dan kompatibilitas dengan sistem yang
ada, dan membuat rekomendasi pembelian.
b)
Desain dan implementasi sistem, konfigurasi
jaringan, dan arsitektur jaringan, termasuk teknologi perangkat keras dan
perangkat lunak, lokasi situs, dan integrasi teknologi.
c)
Membantu pengguna untuk mendiagnosa dan
memecahkan masalah komunikasi data.
d)
Memantau kinerja sistem dan menyediakan
langkah-langkah keamanan, tips dan pemeliharaan yang diperlukan.
e)
Menjaga dibutuhkan file dengan menambahkan dan
menghapus file pada server jaringan
dan membuat cadangan file untuk menjamin keselamatan file apabila terjadi
masalah dengan jaringan.
f)
Bekerja dengan engineer lain, analis sistem, programer,
teknisi, ilmuwan dan manajer tingkat atas dalam pengujian, desain dan evaluasi
sistem.
g)
Mengidentifikasi area operasi yang perlu
diupgrade peralatan seperti modem, kabel serat optik, dan kabel telepon.
h)
Konsultasi pelanggan, kunjungi tempat kerja atau
melakukan survei untuk menentukan kebutuhan pengguna sekarang dan masa depan.
i)
Melatih pengguna dalam menggunakan peralatan.
j)
Memelihara perangkat seperti printer, yang terhubung ke jaringan.
9) Web
Administrators
a)
Back up
atau memodifikasi aplikasi dan data yang terkait untuk menyediakan pemulihan
kerusakan.
b)
Menentukan sumber halaman web atau masalah server, dan mengambil tindakan untuk
memperbaiki masalah tersebut.
c)
Meninjau atau memperbarui konten halaman web
atau link pada waktu yang tepat, menggunakan tool-tool.
d)
Memonitor sistem untuk intrusi atau serangan denial of service, dan melaporkan
pelanggaran keamanan untuk personil yang tepat.
e)
Menerapkan langkah-langkah keamanan situs web,
seperti firewall atau enkripsi pesan.
f)
Mengelola internet / intranet infrastruktur, termasuk
komponen seperti web, file transfer
protocol (FTP), berita dan server
mail.
g)
Berkolaborasi dengan tim pengembangan untuk
membahas, menganalisis, atau menyelesaikan masalah kegunaan.
h)
Test
backup atau pemulihan rencana secara teratur dan menyelesaikan masalah.
i)
Memonitor perkembangan web melalui pendidikan
berkelanjutan, membaca, atau partisipasi dalam konferensi profesional,
workshop, atau kelompok.
j)
Menerapkan update,
upgrade, dan patch pada waktu
yang tepat untuk membatasi hilangnya layanan.
10) Web
Developers
a)
Mendesain, membangun, atau memelihara situs web,
menggunakan authoring atau bahasa scripting,
alat penciptaan konten, alat manajemen, dan media digital.
b)
Meakukan atau update situs web langsung.
c)
Menulis, desain, atau mengedit konten halaman web,
atau yang lain langsung memproduksi konten.
d)
Berunding dengan tim manajemen atau pengembangan
untuk memprioritaskan kebutuhan, menyelesaikan konflik, mengembangkan kriteria
konten, atau memilih solusi.
e)
Back-up
file dari situs web untuk direktori lokal untuk pemulihan instan dalam kasus
masalah.
f)
Mengidentifikasi masalah yang ditemukan oleh
umpan balik pengujian atau pelanggan, dan memperbaiki masalah masalah atau
merujuk pada personalia yang tepat untuk koreksi.
g)
Evaluasi kode untuk memastikan bahwa itu adalah
sah, benar terstruktur, memenuhi standar industri dan kompatibel dengan
browser, perangkat, atau sistem operasi.
h)
Menjaga pemahaman teknologi web saat ini atau
praktek pemrograman melalui melanjutkan pendidikan, membaca, atau partisipasi
dalam konferensi profesional, workshop, atau kelompok.
i)
Menganalisis kebutuhan pengguna untuk menentukan
persyaratan teknis.
j)
Mengembangkan atau memvalidasi tes routine dan jadwal untuk memastikan
bahwa uji kasus meniru antarmuka eksternal dan alamat semua jenis browser dan perangkat.
11) Computer
Security Specialists
a)
Mengenkripsi transmisi data dan membangun firewall untuk menyembunyikan informasi
rahasia seperti sedang dikirim dan untuk menahan transfer digital tercemar.
b)
Mengembangkan rencana untuk melindungi file
komputer terhadap modifikasi disengaja atau tidak sah, perusakan, atau
pengungkapan dan untuk memenuhi kebutuhan pengolahan data darurat.
c)
Meninjau pelanggaran prosedur keamanan komputer
dan mendiskusikan prosedur dengan pelanggar untuk memastikan pelanggaran tidak
terulang kembali.
d)
Memonitor penggunakan file data dan mengatur
akses untuk melindungi informasi dalam file komputer.
e)
Monitor laporan saat ini dari virus komputer
untuk menentukan kapan untuk memperbarui sistem perlindungan virus.
f)
Memofifikasi keamanan file komputer untuk
memasukkan software baru, memperbaiki
kesalahan, atau mengubah status akses individu.
g)
Melakukan penilaian risiko dan melaksanakan tes
pengolahan data sistem untuk memastikan fungsi pengolahan data kegiatan dan
langkah-langkah keamanan.
h)
Berunding dengan pengguna untuk membahas isu-isu
seperti akses data komputer kebutuhan, pelanggaran keamanan, dan perubahan
pemrograman.
i)
Melatih pengguna dan meningkatkan kesadaran
keamanan untuk memastikan keamanan sistem dan untuk meningkatkan efisiensi server dan jaringan.
j)
Mengkoordinasikan pelaksanaan rencana sistem
komputer dengan personil pendirian dan vendor luar.
Perbandingan
Model Profesi IT Di Beberapa Negara
1)
Model British Computer Society (BCS)
BCS
merupakan suatu model yang komprehensif, tetap berlangsung dan mudah dipahami.
Namun, bukan suatu sistem sertifikasi, melainkan suatu model yang menjadi acuan
program pengembangan profesi. Sertifikasi model ini hanya meliputi beberapa
fungsi dari sistem spesialis, programmer,
dan sistem analis.
Model
BCS mengklasifikasikan pekerjaan IT ke dalam beberapa tingkatan, yaitu:
Level 0. Unskilled Entry
Level 1. Standard Entry
Level 2. Initially Trainded Practitioner
Level 3. Trained Practitioner
Level 4. Fully Skilled Practitioner
Level 5. Experienced Practitioner/Manager
Level 6. Specialist Practitioner/Manager
Level 7. Senior Specialist/Manager
Level 8. Principal Specialist/Experienced
Manager
Level 9. Senior Manager/Director
2) Singapore
Computer Society (Profesional Code of Conduct)
Pada
model Singapore ini juga dilakukan pembagian berdasarkan tingkatan senioritas.
Misalnya tingkatan pada System
development -nya, yaitu:
a)
Programmer
b)
Analyst/Programmer
c)
Senior
Analyst/Programmer
d)
Principal
Analyst/Programmer
e)
System
Analyst
f)
Senior
System Analyst
g)
Principal
System Analyst
h)
Development
Manage
Industri
sektor teknologi informasi (TI) Singapura kini sedang menghadapi masa-masa
sulit. Bukan disebabkan masalah sepinya pasar atau lainnya, namun justru karena
mengalami kekurangan tenaga kerja handal. Penelitian seputar pekerjaan yang
dilakukan oleh perusahaan karir Hudson mengungkap perusahaan TI Singapura kini
sedang mengalami ‘paceklik’ tenaga kerja handal. Kekurangan tenaga kerja ini
berkaitan dengan ketatnya persaingan pencarian bakat dari negara-negara Asia
lain. Sebesar 73 persen responden dari kalangan industri TI mengakui perekrutan
tenaga kerja yang handal dalam bidang TI saat ini kian sulit.
3) Malaysian
Computer Society (Code of Profesional Conduct)
Model
Malaysia ini mirip dengan model Singapore membedakan posisi pekerjaan pada
berbagai sektor bisnis. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam melakukan
ranking senioritas, misalnya tingkatan untuk System Development-nya adalah:
a)
Programmer
b)
System
Analyst/Designer
c)
System
Development Executive
Model
Singapore dan Malaysia memiliki banyak kesamaan dan dapat diintegrasi, dengan
pembagian sebagai berikut:
a)
System
Development
b)
Computer
Operations
c)
Sales,
Marketing and Services
d)
Education
and Trainings
e)
Research
and Developments
f)
Spesialist
Support
g)
Consultancy
4)
Amerika
Berikut
adalah beberapa profesi IT yang terdapat di negara Amerika:
a)
SQL
Server DBA
b)
C#/SQL
Engineer
c)
AIX
Administrator
d)
BI
Analyst - Cognos (mid level)
e)
CDMA
Optimization Engineer
f)
Application
Specialist
g)
UX
Engineer
h)
SAP MM
Lead Functional Analyst
i)
SAP SD
Analyst
j)
Cisco
Voice Engineer
k)
SAP HR
Analyst
l)
SAP
FI/CO Lead
m)
NET
Developer
n)
Sr.
Quality Assurance Manager
5)
Australia
Sedangkan
di negara Australia terdapat beberapa IT job diantaranya:
a)
Analyst/programmer
b)
Architecture
c)
Business
Analyst/ System Analyst
d)
Computer
Operator
e)
Consultant
/ Functional Consultant
f)
Database
Development dan Administration
g)
Hardware
Engineering
h)
Helpdesk
dan Desktop Support
i)
Management
dan Supervisory
j)
Network
Engineering
k)
Network
dan System
l)
Product
management
m)
Project
management
n)
Sales
o)
Security
p)
Software
Development dan Engineering
q)
Team
Leaders
r)
Technical
Writers
s)
Telecommunication
t)
Testing
dan QA
u)
Training
v)
Web
design dan Usability
w)
Web
Development, dan lain-lain.
6)
Jepang
Di
negara Jepang terdapat beberapa profesi IT, contohnya sebagai berikut:
a)
Digital
Marketing Director
b)
Web
Search Evaluator
c)
Sales
Manager
d)
Call
Center Staff
e)
Bilingual
SAP Consultant
f)
C /
C++ Developer
g)
Technical
Support
h)
IT
Instructor
i)
E-Commerce
Manager
Energy
Account Manager
IT
Assistant Instructor
Asset
Management
Business
Analyst