Manusia dan Keindahan
Selasa, 21 Juni 2011 by Septi Arnita in

-          Pengertian keindahan
Keindahan merupakan suatu sifat serta ciri dari seorang individu, hewan, tempat, objek atau gagasan yang dapat memberikan nilai tambah untuk seseorang yang melihatnya, nilai tambah disini bisa berupa kesenangan ataupun kepuasan yang dapat membuat seseorang tersebut ingin melihatnya kembali. Keindahan juga merupakan sesuatu yang menarik jiwa seseorang  dan membuatnya memberikan cinta kepada keindahan itu sendiri tanpa adanya paksaan.

-          Keindahan sebagai kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah
Keindahan merupakan sesuatu sifat atau ciri dari sesuatu yang berwujud. Keindahan dapat dirasakan apabila seorang individu melihat wujud yang menurut pandangannya menarik. Karena keindahan merupakan suatu sifat atau rasa, tentulah masing-masing individu memiliki pandangan yang berbeda tentang keindahan menurut mereka. Maka pastilah akan berbeda pula benda yang menurut mereka indah.

-          Menyebutkan keindahan yang seluas-luasnya
Keindahan baru dapat dirasakan apabila telah dihubungkan oleh suatu  karya. Misalkan terdapat sebuah lukisan yang menurut si A indah, sedangkan menurut si B tidak indah, disinilah arti dari keindahan yang seluas-luasnya. Karena perbedaan rasa dari individu yang menikmati keindahan itu berbeda-beda, maka keindahan tidaklah memiliki batasan.

Sumber :

Posting Komentar