Tugas III IBD
Selasa, 10 Mei 2011 by Septi Arnita in

HUBUNGAN ILMU BUDAYA DASAR DENGAN KESUSASTRAAN


Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar merupakan ilmu yang diperoleh secara langsung maupun tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu Ilmu Budaya Dasar merupakan satu mata kuliah yang mempelajari tentang nilai-nilai kebudayaan yang ada di kehidupan sehari-hari. Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa sebagai bekal mereka terjun ke masyarakat. Para mahasiswa diharapkan dapat mempunyai wawasan yang luas tentang kebudayaan, dapat menilai perilaku individu lain, dan dapat bertindak sesuai dengan norma-norma yang ada di masyarakat agar tercipta hubungan yang harmonis dan komunikasi yang lancar.

Kesusastraan

Pada dasarnya sastra bukanlah ilmu, sastra adalah cabang seni. Seni sangat ditentukan oleh faktor manusia dan penafsiran, khususnya masalah perasaan, semangat, kepercayaan. Dengan demikian, sulit sekali dibuat batasan atau definisi sastra di mana definisi tersebut dihasilkan dari metode ilmiah.

Hubungan IBD dengan Kesusastraan

sastra bisa dibagi menjadi sastra tertulis atau sastra lisan . Di sini sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan, tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu.

Biasanya kesusastraan dibagi menurut daerah geografis atau bahasa. Jadi, yang termasuk dalam kategori Sastra adalah:
§  Novel
§  Cerita/cerpen (tertulis/lisan)
§  Syair
§  Pantun

Begitu banyak sastra yang telah diciptakan, sastra tersebut belum tentu merupakan sastra yang baik untuk dikonsumsi oleh mahasiswa ataupun masyarakat luas. Banyak sekali sastra yang tidak baik untuk dikonsumsi (dilihat atau didengar). Misalnya sastra lukisan yang nemampilkan hal-hal yang berbau pornografi ataupun syair yang berisikan kata-kata yang sara. Ilmu Budaya Dasar disini berperan untuk membatasi segala kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh mahasiswa, agar sastra yang dilihatnya tidak merusak mental serta pikirannya.

Sumber :

Posting Komentar