Tugas ISD
Kamis, 14 Oktober 2010 by Septi Arnita in


  1. Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar adalah suatu kajian yang digunakan untuk menganalisis berbagai fenomena atau kejadian yang ada di masyarakat luas. Dalam konteksnya di masyarakat, ilmu sosial dasar melakukan pendekatan-pendekatan sosial dalam suatu masalah sosial, yang pada pendekatannya menggunakan pendekatan interdisipliner maupun multidisipliner. Dalam pengkajiannya, ilmu sosial dasar menggunakan fakta, konsep dan juga teori dari berbagai macam ilmu sosial seperti, sejarah, geografi sosial, ekonomi, antropologi, sosiologi dan psykologi sosial.
           
ISD diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk menkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi , dan penalaran mahasiswa menjadi lebih peka terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi di lingkungannya.

Tujuan dari kajian Ilmu Sosial Dasar ini ialah untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan sosial dalam masyarakat dan masalah sosial dalam masyarakat merupakan masalah yang kompleks. Serta untuk menjadikan mahasiswa peka terhadap masalah sosial dan tanggap dalam penaggulangannya.

     B. Ruang Lingkup

    1. Kenyataan-kenyataan yang ada dalam masyarakat.
    2. Konsep-konsep sosial tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
    3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenytaan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
     
Selain itu ruang lingkup ISD yaitu mengenai kehidupan sosial dan masyarakat, baik kegiatan yang dilakukan di masyarakat maupun masalah yang timbul di masyarakat itu sendiri serta mengenai kenyataan-kenyataan sosial yang terjadi di masyarakat.

Pembahasan
1.      Mempelajari adanya berbagai berbagai masalah kependudukan dan hubungannya dengan masyarakat dan kebudayaan.
2.      Mempelajari adanya masalah-masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3.      Mempelajari hubungan antar warga Negara dan Negara.
4.      Mempelajari masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat perkotaan dan pedesaan
5. Mempelajari ilmu penngetahuan dan tekhnologi untuk memanfaatkan kemakmuaran masyarakat dan pengurangan kemiskinan.

Latar Belakang
1.      Banyaknyak kritik yang ditujukan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh beberapa cendikiawan.
2.      Sistem pendidikan kita menjadi sesuatu yang elite bagi masyarakat kita sendiri sehingga kurang akrab dengan lingkungan masyarakat.


       C. Peranan ISD Setelah Lulus Kuliah
           
Dapat dikatakan bahwa Ilmu Sosial Dasar merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari oleh mahasiswa. Ilmu sosial dasar merupakan ilmu yang berkaitan langsung dengan kehidupan bermasyarakat, sehingga saat seorang mahasiswa lulus dan terjun ke dunia kerja, mereka akan dengan mudah beradaptasi dengan masyarakat luas.

Peranan ISD sangatlah besar dalam membentuk pribadi seorang mahasiswa. Saat seorang mahasiswa mengerti dan paham arti ISD sesungguhnya, maka dengan otomatis akan terbentuk pribadi yang telah siap untuk menghadapi masalah dan kenyataan sosial yang ada di masyarakat. Disamping itu ISD juga dapat memberi banyak pelajaran untuk mahasiswa dalam memecahkan masalah. Bukan hanya masalah pribadi, namun mahasiswa pun dapat memecahkan masalah sosial dengan cara mengkaji serta menelaah masalah tersebut.

Dengan mempelajari ISD, seorang mahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuan, yaitu antara lain :

1. Kemampuan akademis : kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah,   baik lisan maupun tulisan, menguasai peralatan analisis, maupun berpikir logis, kritis, sitematis, dan analitis, memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi, serta mampu menawarkan alternative pemecahannya

2. Kemampuan professional : kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dengan kemampuan ini, para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.

3. Kemampuan personal : kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan ini para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, dan tingkah laku, dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, dan kenegaraan, serta memiliki pandangan yang luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

 
Dengan seperangkat kemampuan yang dimilikinya lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadai sarjana yang cakap, ahli dalam bidang yang ditekuninya serta mau dan mampu mengabdikan keahliannya untuk kepentingan masyarakat Indonesia dan umat manusia pada umumnya.

      D. Ilmu yang berkaitan dengan ISD
1.       Politik
2.       Sejarah
3.       Hukum
4.       Filsafat moral
5.       Geografi sosial
6.       Ekonomi
7.       Antropologi
8.       Sosiologi
9.       Psykologi sosial. 


Sumber :


Nama  : Septi Arnita
NPM : 16110450
Kelas : 1KA30


Posting Komentar